Thursday, August 30, 2012

Selamat Galungan



Seingat memori otak saya, Galungan itu adalah sebuah hari raya umat Hindu. Dimana datang setiap enam bulan sekali dan sepuluh hari kemudian disambung dengan hari raya Kuningan. Hari raya Galungan merupakan hari dimana umat Hindu merayakan kemenangan Dharma melawan Adharma. Kemenangan kebaikan terhadap kejahatan.

Seperti kebanyakan hari raya Hindu lainnya, masing-masing hari raya akan dibagi menjadi 3 bagian. Sehari sebelum hari H disebut Penampahan, lalu sehari kemudian hari H dan setelahnya disebut Manis. Misalnya Galungan, sehari sebelum Galungan akan disebut Penampahan Galungan, lalu Galungan, kemudian Manis Galungan.

Penampahan adalah hari dimana orang-orang mempersiapkan segala kebutuhan untuk upacara esok. Mulai dari membuat canang (janur yang dibentuk sedemikian rupa dan dipadukan dengan bunga), gebogan (tumpukan buah, kue, dll. membentuk menara kecil), penjor (batang bambu yang dihias dengan macam-macam janur, daun dan hasil bumi sehingga membentuk ekor naga) dan banyak lagi yang lainnya. Namun yang paling dinanti adalah menampah/ menyembelih babi. Daging babi tersebut dapat diolah menjadi berbagai macam hidangan (mungkin akan saya bahas secara lebih detail dilain artikel, hehe) seperti misalnya lawar, brengkes polo, urutan, komoh, dan lain sebagainya..

Wah jadi laper nih..

Udah ah makan dulu ya, intinya selamat Galungan kawan!

No comments:

Post a Comment