Tuesday, September 11, 2012

Bosan di Kantor


Melihat sebuah postingan di salah satu situs favorit, 9gag.com menginspirasi saya untuk membuat tulisan ngawur ini..


Teman sedang berada di kantor? Namun bosan dengan rutinitas harian?

Dengan kegiatan yang hampir sama setiap harinya, sangat besar kemungkinan untuk teman merasakan yang namanya bosan. Mengawali pagi hari dengan absen kantor, kemudian menuju meja kerja. Menghidupkan komputer kemudian bekerja sampai jam makan siang. Setelah satu jam, kembali duduk di depan komputer, bekerja hingga jam pulang kantor lalu absen dan kembali ke rumah.

Seperti itu kira-kira rutinitas saya dan rekan-rekan kerja, mungkin hampir sama dengan teman di luar sana. Dengan teknologi, kita hampir dimanja dengan segala sesuatu dapat dilakukan dari meja kantor. Seperti print, tak perlu lagi membawa file ke komputer yang terhubung printer, karena printer sudah terkoneksi di jaringan. Untuk mencari bahan-bahan referensi, tak perlu lagi ke rak-rak buku, membuka halaman per halaman, karena komputer sudah terkoneksi internet. Untuk berkoordinasi dengan rekan kerja pun tinggal nyalakan chat messenger yang benar-benar memanjakan kita untuk tetap duduk manis di meja kerja. Sebentar, duduk manis di meja kerja? Ralat, duduk manis di kursi kerja.. Hehe..

Untuk menghilangkan kebosanan itu, teman bisa mencoba apa yang sering saya lakukan disaat bosan itu melanda.

gambar favorit
Pertama, bagi yang bekerja dengan komputer, dapat mengganti-ganti tampilan komputer. Yang paling mudah adalah mengganti wallpaper. Saya bahkan bisa sampai tiga kali dalam sehari mengubah gambar wallpaper. Yang lebih mahir, bisa mengubah themes atau icon. Untuk yang ekstrim bisa coba untuk mengubah sistem operasi, semisal pasang Ubuntu atau iOS gitu..

meja saya
meja @marcia_no
Kedua, bisa mencoba untuk menata ulang meja kerja. Pastinya yang namanya meja kerja akan dipenuhi oleh tumpukan-tumpukan pekerjaan, alat-alat tulis, monitor, mouse dan keyboard, dan yang lainnya. Dan semua itu dapat teman tata ulang posisi-posisinya. Yang sebelumnya tumpukan kertas ada dikiri bisa ditaruh dikanan, yang alat-alat tulis dikanan bisa taruh dikiri. Dan untuk yang ekstrim bisa mencoba menukar mouse yang pastinya disebelah kanan keyboard, sekarang posisikan disebelah kiri keyboard.

upto enam orang, diisi hanya tiga
Ketiga, ini yang sering saya lakukan. Berpindah meja kerja. Meja kerja di kantor sangat panjang, bisa duduk berjejer sampai lima orang. Disaat bosan menghampiri, biasanya saya akan bertukar posisi dengan rekan kerja lainnya. Ini sangat memungkinkan untuk yang meja kerjanya seperti di kantor saya. Untuk yang sedikit ekstrim, bisa mencoba bertukar meja kerja dengan atasan teman, atau yang paling ektrim bisa coba bertukar meja dengan GM teman mungkin?

topi punya @ririenzoro
Terakhir, jikalau ketiga tips diatas sudah sering dilakukan dan masih bosan, seperti saya. Teman bisa mencoba yang sering saya dan rekan kantor saya lakukan. Bermain webcam. Hahaha.. mungkin terdengar ndeso, tapi ini adalah sebuah kegiatan yang mampu menghilangkan kebosanan teman. Kebetulan saya pengguna iOS jadi didalamnya disertakan sebuah aplikasi yang bernama Photo Booth. Silahkan mencoba teman. 


@eddy, @adi dan saya
Tim Desain
kata pujangga-pujangga separuh nafas, hehe @amie


3 comments: